Apa Kabar Sidimpuan Online

Want to contribute?
Contact us! or Register
www.apakabarsidimpuan.com
Redaksi, Pengiriman Berita,
dan Informasi Pemasangan Iklan:
apakabarsidimpuan@gmail.com

Home » Tabagsel » Koperasi Agrina Wakil Sumut di GKM Nasional

Koperasi Agrina Wakil Sumut di GKM Nasional

12 Nov ’09 – www.metrosiantar.com

TAPSEL-METRO; Koperasi Agro Rimba Nusantara atau Agrina, sebagai salah satu usaha kecil menengah yang bergerak dalam sentra pengolahan buah salak di Desa Aek Nabara Topotan, Parsalakan, Kecamatan Angkola Barat, Kabupaten Tapanuli Selatan, 18-19 November mendatang, menjadi utusan Sumut akan mengikuti konvensi gugus kendali mutu atau tingkat Nasional, di Hotel Horizon Semarang.

Ketua Koperasi Agrina, Gulma Mendrofa, didampingi ketua tim Fasilitator dari Disperindag Tapsel, Indrasyah Johan Harahap SSos, dan manajer koperasi Agrina, Andi Naswaruddin, mengatakan, terpilih sebagai wakil Sumut karena koperasi Agrina berhasil keluar menjadi juara pertama dalam lomba konvensi GKM tingkat Sumatera Utara (Sumut) yang diadakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumut 5-6 November lalu di Hotel Royal Perintis Medan. “Kami sangat bersyukur atas raihan prestasi yang diperoleh sehingga menjadi juara terbaik dalam konvensi GKM di tingkat provinsi. Apa yang kita dapat ini diharapkan menjadi motivasi untuk terus berbuat yang lebih baik. Kami menyadari prestasi ini dapat terwujud atas partisipasi semua pihak yang selalu memberikan support dan dukungannya, khususnya kepada Bapak Bupati Tapanuli Selatan, Ir H Ongku Parmonangan Hasibuan dan Kepala Diperindag Tapsel selaku pembina Koperasi Agrina,” ujar ketiganya kepada METRO, Rabu (11/11).

Diceritakan mereka, ihwal berdirinya Koperasi Agrina sebagai sentra Industri pengolahan buah salak adalah banyaknya ide dan saran dari berbagai kalangan masyarakat tentang pentingnya berdiri industri pengolahan buah salak di daerah penghasil Salak ini.

Kemudian ditindaklanjuti pemerintah melalui Disperindag Tapsel untuk memfasilitasinya, mengingat bahan baku yang begitu banyak. Dari data yang ada di pemkab Tapsel perkebunan salak diperkirakan seluas 18.698 hektare yang tersebar di beberapa kecamatan antara lain Kecamatan Angkola Barat, Kecamatan Angkola Selatan, Marancar, Angkola Timur dan ditaksir menghasilkan 53 ribu ton buah salak per tahun.

Sementara itu, dalam perjalanannya koperasi Agrina yang berdiri sejak November 2007 telah genap berumur 2 tahun.. Saat ini koperasi beranggotakan 25 orang yang berasal dari berbagai desa sekitar koperasi se-Kecamatan Angkola Barat.

Dijelaskan mereka, dalam keberadaannya telah banyak membantu masyarakat setempat seperti halnya para karyawan berasal dari putra daerah setempat yang jelas telah membantu sedikit angkatan kerja di daerah tersebut. Begitu juga dengan adanya sentra industri kecil pengolahan salak, sebagian masyarakat setempat tidak perlu pusing memasarkan hasil panen buah salak mereka keluar daerah walaupun daya serap koperasi Agrina saat ini masih terbatas.

“Dan sampai saat ini dalam pemasaran produk Agrina sudah merambah ke berbagai daerah di Sumatera Utara seperti Psp, Paluta, Palas, Madina, Tapteng, Sibolga bahkan sudah dipasarkan di Kota Padang dan Pekanbaru,” terang mereka. Adapun beberapa produk makanan dan minuman dari olahan koperasi Agrina yang sudah dipasarkan antara lain dodol salak, kurma salak, madu salak, syrup salak, keripik salak, agar-agar salak, nagogo drink dan natabo drink. (mag-01)

Link: http://apakabarsidimpuan.com/2009/11/koperasi-agrina-wakil-sumut-di-gkm-nasional/

Redaksi, Pengiriman Berita,
dan Informasi Pemasangan Iklan:
apakabarsidimpuan@gmail.com

Koperasi Agrina Wakil Sumut di GKM Nasional Posted on Category Tabagsel. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Belum Ada Komentar untuk “Koperasi Agrina Wakil Sumut di GKM Nasional” Mungkin anda mau menambahkannya...?

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi apakabarsidimpuan. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan) --- Gunakan layanan GRAVATAR untuk menampilkan foto anda.