Apa Kabar Sidimpuan Online

Want to contribute?
Contact us! or Register
www.apakabarsidimpuan.com
Redaksi, Pengiriman Berita,
dan Informasi Pemasangan Iklan:
apakabarsidimpuan@gmail.com

Home » Artikel » Produk Potensial Daerah Tapanuli Selatan yang Layak Dikembangkan

Produk Potensial Daerah Tapanuli Selatan yang Layak Dikembangkan


MARI JALIN KEBERSAMAAN UNTUK MEMBANGUN DAERAH TAPANULI BAGIAN SELATAN

Produk Salak
Areal produksi salak terdapat di Kecamatan PSP Barat, PSP Timur dan Siais. Luas pertanaman salak 13.928 Ha dengan produksi 236.793 ton / tahun. Areal pengembangan salak masih tersedia 15.000 Ha Demikian pula pertumbuhan luas tanam dan produksi masih positif yang berarti bahwa potensi dan kecenderungannya terus meningkat. Disamping itu permintaan buah segar cenderung konstan. Sehingga pengolahan buah salak sangat diperlukan.

Industri Plywood dan Kayu Hutan Olahan
Potensi pasukan bahan baku industri plywood dapat dilihat dari ketersediaan hutan produksi serta trend produksi hasil hutan.

Industri Minyak Goreng Dan Pabrik Pengolahan Kelapa Sawit
Potensi pasokan bahan baku untuk industri minyak goreng dan pabrik pengolahan kelapa sawit dapat dilihat dari luasan kebun dan produksi kelapa sawit di Tapanuli Selatan.

Industri Pengolahan Pisang
Pisang di kabupaten Tapanuli selatan diusahakan oleh masyarakat dan kebanyakan di lahan pekarangan. Dengan demikian merupakan perkebunan rakyat dengan pemeliharaan yang belum intensif.

Industri Kayu Karet Olahan
Potensi pengembangan industri pengolahn kayu karet dapat dilihat dari perkembangan luas dan umur pertanaman karet Tapanuli Selatan menghasilkan karet cukup besar dan meningkat setiap tahun. Hal ini menunjukkan industri pengolahan karet juga potensial untuk dikembangkan.

Perkebunan Kelapa Sawit Dan Perkebunan karet
Dari hasil penelitian pusat Penelitian Tanah dan Agroklimat ( 1991 ) lahan yang sesuai marginal untuk pertanaman kelapa sawit dan karet di Kabupaten Tapanuli Selatan seluas 677.375 Ha. Pada tahun 1998 luas pertanaman kelapa sawit telah mencapai 106.307 Ha dan pertanaman karet seluas 100.022 ha atau total seluas 206.329 Ha ( 30 % ).  Pada akhir – akhir ini sudah puluhan perusahaan diproses perizinannya untuk membuka kebun kelapa sawit dan rakyat, Juga terus mengembangkan luas pertanaman kelapa sawit.Walau pun secara statistik masih tersedia lahan namau sudah cukup marginal unutk pengembangan kebun kelapa sawit dan karet.

Budidaya Jagung
Tanaman jagung dapat dikembangkan di sawah dan tegalan. luas sawah dan tegalan di Kabupaten Tapanuli Selatan 52.243 Ha yang terdiri dari 36.041 Ha Sawah dan 16.202 Ha lahan tegalan tadah hujan. Menurut penelitian Balai Puslitanah ( 1991 ) lahan yang sesuai untuk tanaman jagung seluas 521.601 Ha, dimana lahan ini sudah digunakan untuk berbagai kegunaan.

Wisata Danau Siais Dan Aek Sijornih
Bisnis parawisata merupakan potensi bagi pemerintah daerah untuk memperoleh PAD ( Pandapatan Asli Daerah ). Potensi wisata di kabupaten Tapanuli Selatan seperti danau Siais dan Aek Sijorih merupakan potensi wisata alam bagi wisatawan domestik muapun wisatawan manca negara. Untuk saat ini wisata Sibolga menjadi kompetisi yang cukup berat untuk lokasi – lokasi wisata di Tapanuli Selatan

BIDANG USAHA UNGGULAN LAYAK DIKEMBANGAKAN

Hasil dari penelaahan potensi yang ada di kabupaten Tapanuli selatan dengan prioritas pembangunan daerah sert keterkaitan antara sektor pertanian dengan sektor industri, menunjukkan bahwa kegiatan ekonomi atau industri yang termasuk ( Layak untuk di kembagkan adalah:

Pengolahan Minyak Goreng dan Olekimia
Pengolahan minyak goreng dan oleokimia dipilih sebagai usaha yang layak di kembangkan karena di wilayah Kabupaten Tapanuli Selatan terdapat banyak kebun dan pabrik pengolahan kelapa sawit. Hasil CPO dan pabrik pengolahan yang tentu saja tidak semuanya diekspor, oleh sebab itu pengolahan lanjutan merupakan alternatif yang dianggap tepat karena akan memberikan nilai tambah bagi produk tersebut

Produksi jagung
Usaha budidaya Jagung di tapanuli Selatan, sangat potensial karena tersedia luas lahan yang sesuai, namun harus dibarengi dengan pembangunan pabrik pengolahan jagung seperti Pangan trnak, apabila pabrik pengolahan tidak dibagun maka usaha budidaya jagung menjadi tidak potensial karena ada pasar yang menyerapnya.

Pengolahan kayu karet
Produk olahan kayu karet saat ini mulai di gemari di dalm dan luar negeri. Peluang pasar yang ada dan ketersedian bahan baku yang melimpah merupakan salah satu kesmpatan untuk mengembangkan industri olahan kayu karet. Proses industri kayu karet memerlukan teknologi khusus yang saat ini telah tersedia, sehingga tidak ada hambatan dalam produksi olahan kayu karet.

Industri Pengalengan Buah Salak
Banyaknya produksi buah, terutam salak, memerlukan suatu industri yang dapat mengolah buah tersebut dalam bentuk yang awet. Pabrik pengolahan dalam bentuk terpadu, artinya pabrik tersebut mampu megolah buah berbagai jenis dengan berbagai bentuk produk akan sangat tepat bagi pengembangan ekonomi Daerah

Industri Pengolahan Pisang
Disamping salak, produksi pisang di Tapanuli Selatan termasuk besar, dan selam ini hanya dikonsumsi dalam segar. Kalaupun diolah, prosesnya masih sederhana. Oleh sebab itu pembagunan industri pengolahan pisang menjadi produk yang dapat dipasarkan kelain daerah, atau bahkan di ekspor dirasakan sangat perlu. jika tersedia industri, maka petani akan terangsang untuk membudidayakan pisang dengan baik. Salah satu industri pengolahan pisang yang potensial adalah industri tepung pisang

Pabrik Pengolahan Kelapa Sawit
Dalam wilayah kabupaten Tapanuli Selatan terdapat banyak perkebunan kelapa sawit baik yang dimiliki pemerintah maupun swasta yang merupakan suatu industri yang perlu untuk dikembangkan.

Sumber: www.bisnisukm.com

PostLink: http://apakabarsidimpuan.com/2009/11/produk-potensial-daerah-tapanuli-selatan-yang-layak-dikembangkan/

Redaksi, Pengiriman Berita,
dan Informasi Pemasangan Iklan:
apakabarsidimpuan@gmail.com
Produk Potensial Daerah Tapanuli Selatan yang Layak Dikembangkan Posted on Category Artikel. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Bergabung Dengan 5,696 komentator di Apakabarsidimpuan

  1. Hasil bumi diSipirok, apa pada umumnya yang paling banyak atau yang bisa dikembangkan, mengingat tidak ada dari dulu terdengar hasil spelialisasi/ yang utama dari Sipirok.

Ada 1 Komentar untuk “Produk Potensial Daerah Tapanuli Selatan yang Layak Dikembangkan” Mungkin anda mau menambahkannya...?

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi apakabarsidimpuan. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan) --- Gunakan layanan GRAVATAR untuk menampilkan foto anda.