Apa Kabar Sidimpuan Online

Want to contribute?
Contact us! or Register
www.apakabarsidimpuan.com
Redaksi, Pengiriman Berita,
dan Informasi Pemasangan Iklan:
apakabarsidimpuan@gmail.com

salam-ramadhan

Home » Wisata » Potensi Wisata AEK SIJORNI

Potensi Wisata AEK SIJORNI

Cobalah ke tempat yang satu ini Aek Sijorni yang terletak + 35 km dari Padang Sidempuan.

Berbeda dengan air terjun yang biasa kita lihat puncak air terjunnya menjulang tinggi di atas, air terjun ini landai tetapi bertingkat. Sehingga seolah-olah kita dapat berdiri di atas air terjun bukan hanya menampung air dibawahnya saja.

Lokasi wisata ini sudah dikelola dengan baik oleh masyarakat dan pemerintah setempat sehingga lumayan nyaman untuk berlibur disini.karcis masuknya hanya Rp.5.000,- saja. Murah kan?! Jadi, ayo mandi!!

Berada sekitar 30 km arah timur Kota Padangsidimpuan, tepatnya di kelurahan Sayur Matinggi kecamatan Sayur Matinggi Kabupaten Tapanuli Selatan. Perjalanan dapat ditempuh sekitar 1 jam. Sarana angkutan yang dapat digunakan antara lain : becak motor, angkutan umum, bus mini dan bus lintasan timur sumatera. Aek Sijorni artinya Air yang Jernih. Di musim hujan atau kemarau, air senantiasa jernih.

Tempat dan aliran sungai, terbagi dalam 2 wilayah dengan 2 pengelola yang berbeda. Wilayah pertama dikelola oleh Dinas Pariwisata Tapanuli Selatan, sedangkan wilayah kedua dikelola secara swadaya oleh masyarakat pemilik tanah. Untuk masuk ke area Aek Sijorni, kita mesti melewati jembatan gantung. Dua pengelola menampilkan 2 hal yang kontradiksi. Yang dikelola oleh dinas, areanya dibatasi dengan dinding setinggi 1,5 m dengan jembatan gantung yang baru. Yang dikelola masyarakat, dibiarkan tanpa dinding pembatas dan dengan jembatan yang semakin uzur. Panjang bentang jembatan sekitar 25 m dan hanya untuk lintasan orang.

Tiba di ujung jembatan, area parkir, kita dimintakan bayaran untuk jasa parkir. Roda dua 2 ribu dan roda empat bergantung jumlah penumpang, 2 ribu per orang. Melintasi jembatan gantung, kita mesti ekstra hati-hati. Yang tidak terbiasa dengan goyangannya dan ketinggian, disarankan untuk berpegangan kuat pada tali kawat yang jadi pegangan dan tidak melihat ke bawah, aliran sungai. Ketinggian jembatan dari air sungai yang melintas di bawahnya, sekitar 5 m.

Setelah cukup menegangkan melintasi jembatan, kita akan melintasi jalan setapak di antara tingginya pohon kelapa dan beberapa kolam. Dibutuhkan waktu 15 menit, untuk kemudian kita tiba di lokasi. Kita akan melewati juga kandang angsa, penjaga keamanan, Rumah di atas kolam yang berperan sebagai kantin sekaligus tempat tinggal, 2 kamar kecil yang berfungsi ganda : untuk ganti baju dan buang air karena persis didirikan di atas anak sungai Aek Sijorni, kemudian 2 buah joglo/saung. Selanjutnya kolam induk penampung aliran air sungai yang dimodifi menjadi air terjun bersusun. Berjalan melewatinya kita akan menjumpai 2 buah saung kecil dan musholla.

Di area tersebut, tersedia 2 kolam renang, yaitu untuk anak-anak dan dewasa. Dari kolam dewasa, kita bisa naik ke atas menelusuri aliran sungai dan dapat memilih tempat yang nyaman . Aliran air yang cukup deras, dapat dimanfaatkan untuk sekedar mendapat pijatan dengan memanjakan badan dialiri air sementara kia duduk di balik bebatuan. Segeer… Bila puas berbasah ria, bisa diteruskan dengan menyantap ikan bakar dan kelapa muda … tambah segeeer.

Sumber:

http://badairorizky.wordpress.com/2008/12/14/aek-sijorni-wisata-air-terjun-bertingkat/

http://amanharahap.blogspot.com/2009/06/liburan-keluarga-2008-di-aek-sijorni.html

http://catatan-kk1.blogspot.com/2008/11/aek-sijorni.html

Redaksi, Pengiriman Berita,
dan Informasi Pemasangan Iklan:
apakabarsidimpuan[at]gmail.com


Potensi Wisata AEK SIJORNI Posted on Category Wisata. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Bergabung Dengan 5,586 komentator di Apakabarsidimpuan

  1. Aek sijorni memang indah, Pemandangan nya yang alami, suasana sangat adem, raem dikunjungi orang dari berbagai penjuru… Sukses Untuk mu Tempat Kenaganku…

  2. haaaaaay yg di sijorni rawat denggan aek si jorni da

  3. aek sijor ni begitu indah asyik nyaman pemandangan yg unik alami. Tempat wisata menyimpan sejuta kengan yg indah apali aek si jorni merupakan tempat terdekat dari sekolah smnu 1 sayur matinggi semasa aku sekolah dulu. Mudah mudahan makin bagus aja serta ramai selelu…….amin…

  4. Aek Sijorni….T O B dechhhh….

  5. Pemandian Aek Sijorni bener2 asyikkk bro…ga kalah ma Pemandian Wisata yg lainnya…
    airnya jernih n pokoke…ga rugi dehh dtg kesitu

  6. 20 tahun yang lalu (masih lajang) saya ke sana dengan teman-teman dan berfoto di air yang terjun, hasil fotonya mencengangkan mirif film blue lagoon kata teman-teman saya. Pertahankan kelestarian Aek Sijorni.

  7. Aek sijornih atau air yg bersih / Aek Libung. Hallo teman-teman dan saudaraku atau semua warga Aek Libung pertahankan ke indahan kampung halaman kita.

  8. Horassssss sayur matinggi

  9. ku bangga kepada ompung ku yang telah membangun sijorni yang secara berthap2 yang penuh cobaan dari desa setempat… yang dahulu hutan sekarang menjadi incaran para bisnis wisata yang sekrang telah maju yang tersbar kata2 aek sijorni sngat ramai y??…… banyak mngtakn itu lokasi pnya pemrintah tpi sbelum dbngun apakah ada kta pemrintah disitu..!! sbelumny saya mintamaaf para pengemar wisata aek sijorrni dan warga setempat…. mmbangun wisata aek sijorni itu btuh biaya jdi pntas kmi smena2 dlam lokasi kmi sendri dalam artian ke positip. lokasi itu diturunkan oleh raja nenek saya diturunkanny kmbali ktrunnya..prnah pemerintah mnyumbangkan sebuah bantuan dana tapi ibu saya menolak krna jika perintah cmpur tangan dalam lokasi tersbut suatu sat brlahan2 pasti milik negara….. slam dari saya….minta mf ats kata2 yg mnyinggung all…. hOOORASSS tapsel hOOORRAS Sudepngunjung………

  10. Tetap pertahankan yang menjadi hak dari adinda danni dan seluruh keluarga….yang telah berjuang menciptakan dan menggali potensi wisata…dan akhirnya bisa menciptakan penghasilan …..memang benar salah satu ciri orang munafik dan dengki…..iri dengan penghasilan orang lain….. rakyat sudah berbuat dan berkarya ……..apa seenaknya saja oknum pejabat mau mengambil alih..atau minta pembagian hasil keuntungan…..tunggu dulu…..suruh mereka buktikan apa karya dan partisifasi mereka dalam hal itu……pertahankan terus hak kalian saudaraku…..

10 Komentar untuk “Potensi Wisata AEK SIJORNI” Mungkin anda mau menambahkannya...?

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi apakabarsidimpuan. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan) --- Gunakan layanan GRAVATAR untuk menampilkan foto anda.