Apa Kabar Sidimpuan Online

Want to contribute?
Contact us! or Register
www.apakabarsidimpuan.com
Redaksi, Pengiriman Berita,
dan Informasi Pemasangan Iklan:
apakabarsidimpuan@gmail.com

Home » Tabagsel » 346,78 Ha Lahan Sawit Ilegal, Milik PT Sinar Lika Portibi Jaya Plantation

346,78 Ha Lahan Sawit Ilegal, Milik PT Sinar Lika Portibi Jaya Plantation

PT Sinar Lika Portibi Jaya Plantation di Desa Bahal, Kecamatan Portibi, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit, diduga belum mengantongi izin perluasan lahan sekitar 346,78 hektare (ha).

“Lahan PT Sinar Lika Portibi Jaya Plantation yang memiliki luas 1.821,32 Ha, dan yang memiliki izin hanya sekitar 1.474,54 Ha, berarti PT Sinar Lika Portibi Jaya Plantation belum melaporkan izin lahan perluasan sekitar 346,78 Ha,” kata Kepala Kantor Perizinan Paluta, H Mara Lobi Siregar S Sos MM, melalui Kabid Pengendali, Zulpan Quzmy Harahap SH, kepada METRO, Senin (31/5).

Meski sudah mendapatkan surat peringatan (SP) dari Kantor Perizinan Paluta, sambungnya, pihak manajemen PT Sinar Lika Portibi Jaya Plantation tetap belum mengurus izin perluasan lahan perluasan perkebunan tersebut.

“Manajemen PT Sinar Lika Portibi Jaya Plantation sudah beberapa kali disurati. Namun, hingga saat ini mereka belum ada niat baik terkait pengurusan izin perluasan lahan tersebut. Bahkan, kita sudah pernah langsung ke sana meninjau lokasi perkebunan, tetap saja mereka tidak respon dalam pengurusan izin perluasan lahan tersebut,” tambahnya.

Untuk itu, lanjutnya, pihak manajemen PT Sinar Laka Portibi Jaya Plantation diminta segera mengurus izin perluasan lahan seluas 346,78 Ha tersebut. “Manajemen PT Sinar Lika Portibi Jaya Plantation diimbau segera mengurus perluasan lahan tersebut. Jika tidak diurus maka akan membawa dampak buruk. Selain dasar hukum perlu, izin tersebut juga merupakan pengendali dan kontrol terhadap dampak lingkungan,” tukasnya.

Di Palas, 46 Perusahaan juga Illegal

Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan Perkebunan (Dishutbun) Palas, Ir Soleman Harahap, melalui Kabid Reboisasi, Kehutanan Samsul Hidayat Shut, kepada METRO, beberapa waktu lalu menyebutkan, sebanyak 46 perusahaan di Kabupaten Palas dinyatakan illegal.

Menurut Samsul, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku tentang Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan, Kayu Hutan Tanaman (IUPHHKHT), setiap perusahaan, koperasi, perseorangan yang membuka lahan untuk perkebunan baik tanaman sawit dan sebagainya harus ada memiliki izin pelepasan kawasan hutan dari Menhut. “Kalau kita bicara UU, maka 46 perusahaan tersebut ilegal,” tegas Samsul.

Lebih lanjut Samsul menjelaskan, jumlah perusahaan baik koperasi, perseorangan di Palas sebanyak 48 perusahaan, dari 48 perusahaan tersebut hanya 2 perusahaan yang legal yakni PT Sumatera Riang Lestari (SRL) dan Sumatera Silva Lestari (SSL).

Sumber: http://metrosiantar.com/MENUJU_PALAS-PALUTA/34678_Ha_Lahan_Sawit_Ilegal_Milik_PT_Sinar_Lika_Portibi_Jaya_Plantation

Redaksi, Pengiriman Berita,
dan Informasi Pemasangan Iklan:
apakabarsidimpuan@gmail.com


346,78 Ha Lahan Sawit Ilegal, Milik PT Sinar Lika Portibi Jaya Plantation Posted on Category Tabagsel. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Bergabung Dengan 5,637 komentator di Apakabarsidimpuan

  1. pt, sinar lika portibi jaya plantation,, sebagian dari lahan yg di tanami memang tidak memiliki ijin,,,, dan masih ada lagi tanah ulayat dari masyarakat setempat yang belum
    ada ganti rugi sama sekali dari pihak spp, sudah hampir 10 tahun dan aneh nya sudah 2 dekade pergantian manager belum ada tindak lanjut yang di berikan oleh pihak penggarap atas tuntutan yang diberikan pihak si korban,,,,
    yang kedua,,, masalah CSR, pT spp masih belum layak dijadikan sebagai pt jika kita berlandaskan kpada uud csr padahl sebelum pt spp itu terjadi csr sudah ada,, kepada pt csr mohon di perhatikan kesejahteraanan dan dampaknya bagi masyarakat,,TERUTAMA PMKS YANG BARU2 INI DIBANGUN,,,UU CSR UU PT No.40 tahun 2007 pasal 74 ayat 1,,

Ada 1 Komentar untuk “346,78 Ha Lahan Sawit Ilegal, Milik PT Sinar Lika Portibi Jaya Plantation” Mungkin anda mau menambahkannya...?

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi apakabarsidimpuan. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan) --- Gunakan layanan GRAVATAR untuk menampilkan foto anda.