Apa Kabar Sidimpuan Online

Want to contribute?
Contact us! or Register
www.apakabarsidimpuan.com
Redaksi, Pengiriman Berita,
dan Informasi Pemasangan Iklan:
apakabarsidimpuan@gmail.com

Home » Headline, Tabagsel » Tor Simarsayang Obyek Wisata Multi Fungsi

Tor Simarsayang Obyek Wisata Multi Fungsi

Oleh: Hairul Iman Hasibuan

Bila kita berada di Kota Padangsidimpuan, tidak akan lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Tor Simarsayang yang merupakan obyek wisata satu -satunya milik daerah yang berjuluk kota salak ini.

Obyek wisata Simarsayang memang tumpuan wisatawan lokal untuk berekreasi melepaskan lelah di akhir pekan dan hari besar lainnya. Kehadiran warga di sana selain menikmati hiburan, sekaligus berekreasi menikmati indahnya panorama alam Kota Padangsidimpuan dari atas bukit.

Dari Tour Simarsayang kita akan dapat melihat jelas hamparan Kota Padangsidimpuan yang dihiasi gedung-gedung bertingkat, tower pencakar langit sembari menikmati semilir angin yang berhembus halus dikawasan itu.

Tour Simarsayang juga kerap dijadikan masyarakat lokal sebagai tempat berolahraga dan menggelar berbagai kegiatan seperti acara musik, pagelaran budaya dan lain-lain.

Selain itu, tour simarsayang juga dikenal sebagai salah satu lokasi pendidikan, dimana di atas tour tersebut terdapat sebuah gedung perguruan tinggi swasta yang setiap harinya ramai didatangi para mahasiswa/si yang menuntut ilmu.

Anehnya, dikawasan tour simarsayang juga banyak ditemukan kafe-kafe dan pondok-pondok yang kerap dijadikan muda-mudi setempat sebagai ajang maksiat.

Memang pihak Pemko P. Sidimpuan melalui Satpol PP dibantu aparat kepolisian pernah beberapa kali melakukan razia dan mengultimatum para pengusaha kafe untuk menutup usahanya, namun instruksi itu tidak mendapat respon para pengusaha lokal tersebut .

Malah beberapa bulan terakhir ini, kondisi tour simarsayang semakin memprihatinkan seiring semakin menjamurnya pondok-pondok maksiat dikawasan yang dulunya ditargetkan sebagai salah satu obyek wisata andalan yang dapat menambah devisa (kas daerah).

Kehadiran cafe maupun pondok maksiat itu menjadikan tour simarsayang sebagai tempat multi fungsi yaitu wisata, olahraga, pagelaran dan tempat bebas maksiat.

Aktivis Himpunan Mahasiswa Islam Cabang P.Sidimpuan Syukri Pulungan mengaku prihatin dengan kondisi tour Simarsayang saat ini. “Memang tour Simarsayang sekarang sudah Multi Fungsi, tapi itukan dalam artian negatif,” ujarnya kepada Analisa.

Syukri mengatakan, kondisi tour simarsayang saat ini tidak lebih dari tempat pariwisata yang menyediakan tempat esek-esek (maksiat). “Siapapun yang berkunjung kesana pasti akan merasa risih, melihat disekelilingnya menjamur pondok esek-esek,” katanya.

Ia mengaku heran karena Pemko P.Sidimpuan terkesan setenga hati menertibkan pondok esek-esek yang menjamur di tour simarsayang. Terlihat tidak kontiniunya razia digelar di kawasan itu.

“Pemko P.Sidimpuan jarang menggelar razia di Simarsayang, kalaupun razia hanya sebatas memberikan himbauan tanpa ada tindak lanjut dan saksi tegas kepada para pemlik cafe dan pondok esek-esek,” terangnya.

Penilaian Syukri atas tour Simarsayang tidak berbeda dengan pantauan langsung Analisa di tempat tersebut. Dimana hingga saat ini masih banyak pondok – pondok esek-esek di lokasi tersebut.

Dan yang paling memprihatinkan, pengujung yang kerap mengisi pondok esek-esek itu banyak dari kalangan muda-mudi yang rata-rata masih berstatus pelajar dan mahasiswa.

Mereka tanpa malu memasuki pondok tersebut dengan pasangan masing-masing dengan tidak mengenal waktu. Dari pagi hingga malam hari pondok-pondok tersebut selalu dikunjungi para muda-mudi yang sekedar hanya bercumbu ria.

Sebenarnya, ditour Simarsayang sudah sering terjadi tindakan pemerkosaan, namun hal itu tidak mengkhwatirkan bagi para muda-mudi yang lagi kasmaran tersebut.

Malah para muda-mudi yang mengunjungi tour simarsayang terus mengalami peningkatan setiap harinya.

Was-was

Kondisi obyek wisata tour simarsayang yang telah bertambah fungsi tersebut membuat was-was para orangtua di Kota Padangsidimpuan. “Saya selalu mewanti-wanti anak saya untuk tidak pergi ke tour simarsaya ng, karena banyaknya pondok esek-esek disana,” ujar salah seorang orang tua Firman (45) kepada Analisa.

Diakuinya, tour simarsayang saat ini sudah merupakan sarana perusak moral generasi muda Kota Padangsidimpuan. “Kenapa tidak, tempat itu kini telah menjelma menjadi kawasan bebas maksiat, jadi tidak salah jika tour simarsayang dikatakan salah satu penyebab rusaknya moral daerah ini,” cetusnya.

Ketakutan masyarakat P. Sidimpuan itu seharusnya menjadi sorotan khusus eksekutif dan legislative daerah ini bukan malah terkesan berdiam diri membiarkan kemasiatan merajalela didepan mata.

Perda wajib baca Alquran dan busana muslim yang telah sah diberlakukan beberapa waktu lalu terasa sia-sia karena tidak di iringi dengan pengawasan ketat dari kedua lembaga tersebut.

Eksekutif dan legislative terkesan emoh mengurusi kondisi tersebut dan malah terkesan lebih sibuk dengan bargening-bargening politik diantara keduanya.

Jika, eksekutif dan legislative masih terus mengindahkan kondisi tour Simarsayang itu, tidak mustahil giliran kota inilah nantinya yang akan mendapat azab dari Allah. Penyesalan selalu datang terlambat, dan sebelum azab menimpa kota ini eksekutif dan legislative harus segera bertindak.

Sumber: http://www.analisadaily.com/index.php?option=com_content&view=article&id=58755:tour-simarsayang-obyek-wisata-multi-fungsi&catid=51:umum&Itemid=31

Redaksi, Pengiriman Berita,
dan Informasi Pemasangan Iklan:
apakabarsidimpuan@gmail.com


Tor Simarsayang Obyek Wisata Multi Fungsi Posted on Category Headline, Tabagsel. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Belum Ada Komentar untuk “Tor Simarsayang Obyek Wisata Multi Fungsi” Mungkin anda mau menambahkannya...?

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi apakabarsidimpuan. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan) --- Gunakan layanan GRAVATAR untuk menampilkan foto anda.