Apa Kabar Sidimpuan Online

Want to contribute?
Contact us! or Register
www.apakabarsidimpuan.com
Redaksi, Pengiriman Berita,
dan Informasi Pemasangan Iklan:
apakabarsidimpuan@gmail.com

Home » Headline, Tabagsel » Pembalakan Hutan Secara Liar di Ampolu Muara Batangtoru Tapsel Masih Berlangsung

Pembalakan Hutan Secara Liar di Ampolu Muara Batangtoru Tapsel Masih Berlangsung

Pembalakan hutan di kawasan Ampolu Kecamatan Muara Batangtoru, Tapanuli Selatan, Sumut masih terus berlangsung mengakibatkan kerusakan hutan tanpa terkendali di daerah itu. Aksi pecurian kayu hutan tersebut kelihatannya sangat terorganisir, menggunakan mesin gergaji chinsaw untuk mengolah kayu log menjadi bahan jadi dan siap angkut.

Wartawan yang turun ke lokasi itu, Kamis (5/8) memergoki sekelompok orang sedang mengolah kayu bulat menjadikan balok sabun, kusen dan panel. Kayu balok yang mereka tumbang umumnya jenis kayu kapur, damar laut dan meranti keras. Bahkan mereka mendirikan tenda darurat tempat beristirahat dan menginap.

Salah seorang pekerja yang tidak mau menyebut jati dirinya dipergoki di lokasi itu mengaku bahwa mereka kerja upahan dari seorang toke di kawasan itu. “Saya kurang tau soal izin kayu ini, kami cuma kerja upahan,” ujarnya yang kemudian pergi ke arah hutan. Beberapa menit kemudian suara chinsaw pun agak reda.

Aksi pembalakan kayu tanpa izin tersebut sudah berlangsung sejak lama dan kelihatannya masih berjalan mulus tanpa tindakan aparat terkait maupun penegak hukum. Soalnya, hampir di sepanjang jalan kawasan hutan tersebut ada tumpukan kayu olahan siap angkut. Jika ditotal, jumlah kayu olahan siap angkut tersebut diperkirakan mencapai 50-an kubik setiap hari.

Informasi dihimpun SIB, bahwa kayu olahan tersebut diangkut lewat jalan perkebunan PT MIR ke Rawa Genjer tembus ke Sibabangun, Tapanuli Tengah. Jalur tersebut menurut mereka tetap aman sehingga mereka tidak kesulitan mengangkut kayu seberapa banyak pun jumlahnya.

Kadis Kehutanan Tapsel Syahgiman yang coba dikonfirmasi melelaui telefon selularnya tidak mengangkat telefonnya. Sementara pihak Polres Tapsel melalui Kasat Reskrim AKP Waiman dikonfirmasih melalui telefopn selularnya mengatakan bahwa pihaknya belum mendengar informasi pembalakan kayu di kawasan hutan Ampolu tersebut. “Kita belum ada dengar soal pembalakan tersebut dan sampai saat ini belum ada laporan atau pengaduan soal pembalakan liar itu,” ujarnya.

Sumber: http://hariansib.com/?p=134702

Redaksi, Pengiriman Berita,
dan Informasi Pemasangan Iklan:
apakabarsidimpuan@gmail.com


Pembalakan Hutan Secara Liar di Ampolu Muara Batangtoru Tapsel Masih Berlangsung Posted on Category Headline, Tabagsel. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Bergabung Dengan 5,677 komentator di Apakabarsidimpuan

  1. Di Desa Lembah Lubuk Raya Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapsel.kejadiannya Mirip seperti ini,tapi belum ada tanggapan dari pemerintah.

Ada 1 Komentar untuk “Pembalakan Hutan Secara Liar di Ampolu Muara Batangtoru Tapsel Masih Berlangsung” Mungkin anda mau menambahkannya...?

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi apakabarsidimpuan. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan) --- Gunakan layanan GRAVATAR untuk menampilkan foto anda.