Kembali Ke Atas

Redaksi, Pengiriman Berita,
dan Informasi Pemasangan Iklan:
apakabarsidimpuan@gmail.com

Home » Tabagsel » Hari Ini Rincian Formasi Dijemput, Tabagsel Terima 1.340 CPNS

Hari Ini Rincian Formasi Dijemput, Tabagsel Terima 1.340 CPNS

Jumlah calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2010 yang akan diterima di Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) sebanyak 1.340 orang. Rinciannya, Kota Padangsidimpuan menerima 210 CPNS, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) 229 orang, Padang Lawas (Palas) 360, Padang Lawas Utara (Paluta) 313, dan Mandailing Natal sekitar 228 orang.

Rincian formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk Kabupaten Tapsel yang telah ditetapkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan & RB), selanjutnya akan diambil Pemkab Tapsel dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumut, hari ini, Jumat (12/11). Demikian juga dengan daerah lainnya.

“Besok (hari ini, red) rincian formasi CPNS diterima dari BKD Sumut di Kantor Gubsu di Medan,” kata Kepala BKD Tapsel Drs Aswad Daulay MH kepada METRO, Kamis (11/11).

Selain untuk menerima penetapan total CPNS beserta rincian formasinya, kata Aswad, di BKD Sumut nantinya juga akan digelar rapat untuk membahas jadwal dan tekhnis seleksi penerimaan CPNS. “Rapat ini diikuti kabupaten/kota se-Sumut,” ungkap Aswad.

Senada juga disampaikan Kepala BKD Psp, Asli Rangkuti kepada METRO, Kamis (11/11). Asli mengaku belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut, karena masih menunggu hasil rapat tanggal 12 Nopember di Medan.

“Tunggu kita pulang dari Medan, akan kita sampaikan,” ucapnya.

Untuk diketahui jumlah formasi CPNS Tapsel yang diterima tahun 2010 sebanyak 229 CPNS. Sedangkan untuk Kota Padangsidimpuan (Psp) mendapat jatah 210 CPNS. Rinciannya, untuk formasi tenaga guru sebanyak 108 orang, kesehatan 56, dan tenaga tekhnis 46 orang. Penerimaan CPNS tahun 2010 ini, Psp maupun Tapsel tidak ada membuka penerimaan untuk tamatan SMA sederajat.

Soal transparansi perekrutan CPNS 2010, Bupati Tapsel H Syahrul Martua Pasaribu, Rabu (10/11) lalu, menegaskan seleksi penerimaan CPNS 2010 digelar secara transparan dan fair. “Kita gelar secara fair,” tegas Bupati.

Ditambahkan Syahrul, dalam penerimaan CPNS nantinya, Pemkab Tapsel bekerja sama dengan Universitas Sumatera Utara (USU).

Paluta Terima 313 CPNS

Pemkab Padang Lawas Utara (Paluta) dipastikan akan menerima 313 CPNS tahun 2010. Dari jumlah ini, formasi terbanyak merupakan tenaga guru dan kesehatan.

Kepala BKD Paluta Drs Mora Harahap kepada METRO, Kamis (11/11), mengaku sudah menerima jumlah formasi CPNS dari MenPAN dan RB. Namun, Mora mengaku belum dapat menjelaskan rincian jabatan formasi tersebut. “Kalau masalah jumlah CPNS yang akan diterima sudah dapat dipastikan 313 orang. Tapi rinciannya, kita belum bisa memberikan dengan jelas dan lengkap, sebelum menunggu arahan dan mengikuti rapat di BKD Sumut, besok (hari ini, red),” ucapnya.

Ketika ditanya kapan pelaksanaan dan tata cara penerimaan CPNS tahun 2010, Mora mengaku akan menyampaikannya setelah mengikuti rapat di BKD Sumut.

“Sabar saja, setelah saya pulang mengikuti rapat di Medan, nanti akan dikabari semuanya,” ungkapnya mengakhiri.

Soal Formasi, Mangindaan Kewalahan

Menpan & RB, EE Mangindaan, mengaku kewalahan menentukan formasi kebutuhan pegawai di daerah. Pasalnya, menurutnya, struktur organisasi di daerah umumnya uniform, serta ada kecenderungan mengikuti instansi pemerintah pusat.

Padahal seharusnya, menurut Mangindaan pula, struktur organisasi pemerintah kabupaten/kota berbeda, serta disesuaikan dengan karakteristik, potensi, dan titik berat masing-masing daerah. “Dengan struktur yang uniform seperti saat ini, terus terang saja, saya sering kewalahan dalam menentukan formasi kebutuhan pegawai. Karena semuanya mirip. Padahal karakteristik daerah kabupaten/kota itu sangat berbeda, apalagi jika dibandingkan dengan pusat,” kata Mangindaan yang dihubungi JPNN, Kamis (11/11).

Dikatakan Mangindaan, dalam reformasi birokrasi, area perubahan yang perlu diperhatikan adalah cara berpikir yang harus komprehensif. Jangan sampai berpikir seolah-olah reformasi birokrasi itu ujungnya remunerasi. Untuk itu, katanya, perlu disatukan persepsi, serta pola pikir yang sama.

“Dari permasalahan-permasalahan yang ada, pertama, harus diperhatikan struktur organisasi, yang saat ini sistem kelembagaannya masih uniform. Selanjutnya, perlu dilihat karakteristik masing-masing daerah tersebut, baik provinsi maupun kabupaten/kotanya. Langkah selanjutnya, menentukan kebutuhan SDM aparaturnya dalam lima tahun ke depannya bagaimana,” bebernya.

Sebelumnya, Deputi Program dan Reformasi Birokrasi Kementerian PAN dan RB, Ismail Mohamad mengatakan, perubahan kelembagaan yang saat ini sedang dilakukan atas dasar PP No 41 Tahun 2007, perlu ditinjau ulang. Pasalnya, perubahan kelembagaan ini menurutnya, berdampak luas bagi aparatur di daerah. Di mana organisasi perangkat daerah cenderung mengikuti nomenklatur kementerian/lembaga di pusat. (metrosintar.com)

Redaksi, Pengiriman Berita,
dan Informasi Pemasangan Iklan:
apakabarsidimpuan[at]gmail.com

Hari Ini Rincian Formasi Dijemput, Tabagsel Terima 1.340 CPNS Posted on Category Tabagsel. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Belum Ada Komentar untuk “Hari Ini Rincian Formasi Dijemput, Tabagsel Terima 1.340 CPNS” Mungkin anda mau menambahkannya...?

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi apakabarsidimpuan. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan) --- Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.