Apa Kabar Sidimpuan Online

Want to contribute?
Contact us! or Register
www.apakabarsidimpuan.com
Redaksi, Pengiriman Berita,
dan Informasi Pemasangan Iklan:
apakabarsidimpuan@gmail.com

salam-3-jari

Home » Tabagsel » Relokasi PT Virco!, Limbah Pabrik Picu Polusi Air

Relokasi PT Virco!, Limbah Pabrik Picu Polusi Air

Anggota DPRD Kota Padangsidimpuan meminta Pemko untuk mendesak manajemen PT Virco agar merelokasi pabrik yang mengelola getah karet itu. Sebab, lokasi pabrik memang menyalahi tata ruang kota. Selain itu, limbah pabrik juga menyebabkan polusi air di sungai Batang Ayumi.

“Kami mendesak pemerintah untuk merelokasi PT Virco dari Jalan Tapian Nauli, Kelurahan Aek Tampang, Kecamatan Psp Selatan. Lokasi pabrik sudah menyalahi aturan, yakni berada di tengah-tengah pemukiman penduduk. Limbahnya juga sudah mengkhawatirkan kelangsungan ekosistem sungai Batang Ayumi,” tegas Ketua Komisi III DPRD Psp Ashari Harahap, didampingi Wakil Ketua, Khoiruddin Nasution, Sekretaris, Sopian Harahap, dan anggota DPRD lainnya, Senin (28/3).
Menurut Ashari, mengacu kepada Undang-Undang (UU) nomor 7 tahun 2004 tentang sungai dan UU nomor 32 tahun 2009 tentang dampak lingkungan hidup, maka keberadaan perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan karet itu sudah menyalahi aturan. Pasalnya, limbah PT Virco sudah menyebabkan polusi udara, suara, dan air.

Dicontohkannya, ketika pipa limbah PT Virco bocor banyak ikan-ikan di lubuk larangan milik warga yang bermatian. Di samping itu, sungai Batang Ayumi juga masih dipergunakan masyarakat, khususnya di Kecamatan Psp Selatan yang berada di pinggiran sungai Mandi, Cuci dan Kakus (MCK).

Adapun dasar Komisi II DPRD Psp mengatakan limbah PT Virco mengkahwatirkan, sesuai hasil laboratorium yang dikeluarkan oleh Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Sumatera Utara (Bapedalsu) Desember lalu atas permintaan DPRD untuk memeriksa kandungan limbah PT Virco tersebut.

Dari hasil pemeriksaan sampel air yang diambil oleh Komisi II DPRD Psp pada Desember lalu, air yang diambil 50 meter dari sebelum saluran pembuangan limbah dan 50 meter sesudah saluran pembuangan limbah dinyatakan sudah melampau ambang batas sesuai dengan Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor : KEP 51-/MENLH/10/1995 tentang baku mutu limbah cair bagi kegiatan industri tentang baku mutu limbah cair untuk industri karet.

Dijelaskannya, berdasarkan hasil laboratorium tersebut, zat pengurai air (BOD) PT Virco sudah melampaui ambang batas. Standar untuk BOD adalah 100 miligram per liter sedangkan BOD perusahaan itu mencapai 109 miligram per liter, tingkat keasaman (PH) perusahaan itu juga nyaris melewati ambang batas. Standarnya pH 6,0-9,0 sedangkan pH PT Virco sudah mencapai 8,39.

Selanjutnya mereka juga menyesalkan lemahnya pengawasan dari pihak pemerintah terutama Kapedalda Kota Psp. Sebab, sesuai dengan aturan seharusnya sekali dalam 3 bulan Kapeldada harus melakukan peninjauan pembuangan limbah pabrik, sehingga kejadian pencemaran sungai ataupun lingkungan masyarakat sekitar tidak terjadi jika pengawasan benar-benar dilakukan oleh pemerintah.

”Dalam waktu dekat, kami akan memanggil Kapedalda Psp untuk menjelaskannya,” tegas mereka. Sementara itu, Asisten I Rahuddin Harahap kepada METRO, Senin (28/3), menjelaskan perlu pembicaraan dan kajian khusus soal desakan DPRD Psp yang meminta agar PT Virco direlokasi. Sebab, banyak pertimbangan yang harus diambil. Dijelaskannya, banyak pihak terutama warga sekitar yang meskipun hanya sekitar 30 persen menjadi pekerja di PT Virco, kemudian kontribusi yang diberikan PT Virco untuk pemerintah dan lainnya. “Jadi tidak bisa segampang dan secepat itu dipindahkan, harus ada kajian mendalam untuk memindahkannya. Banyak pihak yang bergantung pada PT Virco,” sebutnya. (phn/ann) – (metrosiantar.com)

Redaksi, Pengiriman Berita,
dan Informasi Pemasangan Iklan:
apakabarsidimpuan[at]gmail.com


Relokasi PT Virco!, Limbah Pabrik Picu Polusi Air Posted on Category Tabagsel. Tags: , , , , , , , , , You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Belum Ada Komentar untuk “Relokasi PT Virco!, Limbah Pabrik Picu Polusi Air” Mungkin anda mau menambahkannya...?

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi apakabarsidimpuan. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan) --- Gunakan layanan GRAVATAR untuk menampilkan foto anda.