Apa Kabar Sidimpuan Online

Want to contribute?
Contact us! or Register
www.apakabarsidimpuan.com
Redaksi, Pengiriman Berita,
dan Informasi Pemasangan Iklan:
apakabarsidimpuan@gmail.com

Home » Sumut » Tim Ekspedisi Bukit Barisan Pergoki Illegal Loging dan Ladang Ganja

Tim Ekspedisi Bukit Barisan Pergoki Illegal Loging dan Ladang Ganja


Foto: Fery Pradolo/INDOPOS

Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo (kiri) berbincang dengan Danjen Kopassus Mayjen TNI Lodewijk F Paulus (tengah) dan Pimpinan Artha Graha Group Tomy Winata seusai acara penutupan Ekspedisi Bukit Barisan 2011 di Gedung A.H Nasution Mabes AD, Jakarta, kemarin (19/7).

Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Pramono Edhi Wibowo resmi menutup rangkaian kegiatan Ekspedisi Bukit Barisan 2011. Ekspedisi ini diikuti 787 orang dan berlangsung selama lima bulan di tujuh wilayah, yaitu Gunung Leuser Aceh, Gunung Sinabung Sumatera Utara, Gunung Singgalang Sumatera Barat, Gunung Kerinci Jambi, Gunung Seblat Bengkulu, Gunung Dempo Sumatera Selatan, dan Gunung Tanggamus di Lampung.

“Kegiatan ini adalah yang pertama tapi pasti bukan yang terakhir,” ujar KSAD usai menyalami seluruh peserta ekspedisi di Mabes TNI AD kemarin (19/07). Tampak hadir di deretan undangan pengusaha Tommy Winata, Gubernur Nanggroe Aceh Darussalam Irwandi Yusuf, Ketua Penanganan Bencana Alam Letjen (pur) Soemarsono dan beberapa pimpinan instansi pemerintah.

Menurut Pramono, ekspedisi ini banyak menemukan hal yang baru. “Karena anggota dan peserta merambah jauh ke dalam hutan. Selain menemukan spesies baru, juga ada fakta pembalakan liar,” kata adik ipar presiden SBY ini.
Tim juga berhasil menemukan ladang ganja di wilayah Sumatera Utara dan menangkap pemiliknya untuk diproses hukum oleh aparat kepolsian. “Untuk illegal loging kita serahkan pada pemerintah daerah setempat untuk ditindaklanjuti,” kata mantan Danjen Kopassus ini.

Tim yang memulai kegiatan pada 28 Februari lalu ini terdiri dari tim penjelajah, tim peneliti, dan tim komunikasi sosial. Tim terdiri dari 120 anggota Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat, 380 anggota Komando Pasukan Khusus TNI Angkatan Darat, serta gabungan mahasiswa, peneliti, dan organisasi pecinta alam. Tim juga mencatat banyak temuan baru, seperti sumber-sumber energi, gas, dan panas bumi. Temuan lain seperti dua jenis fauna spesies langka, yaitu kucing emas dan burung ciung mungkal, serta delapan jenis flora dan fauna baru, yaitu pacar air, kodok microhyla sp, philatus, dan lalat drosophila.

Menurut Pramono, temuan-temuan berupa mineral sangat berguna untuk penelitian lanjutan. “Ini membuktikan bahwa sumber daya alam Indonesia sangat kaya,” kata mantan Pangdam Siliwangi Jawa Barat ini. Misalnya, tim ekspedisi menemukan batu pyrite di gunung Singgalang Sumatera Barat dan batubara di Kerinci, Jambi. “Kita juga membuat peta potensi bencana alam dari hasil cek langsung di lapangan,” katanya.

Usai acara, KSAD tampak akrab dengan Tommy Winata. “Pak Tommy ini sangat support. Kita terima kasih sekali,” kata Pramono sambil merangkul pundak bos Artha Graha itu. Tommy sekarang memang mengelola kawasan konservasi di Tanjung Belimbing , Lampung Selatan. Tommy sendiri mengaku sangat siap membantu ekspedisi serupa. “Kita sangat senang anak-anak muda bersemangat untuk mengeksplorasi potensi Indonesia,” katanya. (rdl/jpnn)

Sumber: jpnn.com

Redaksi, Pengiriman Berita,
dan Informasi Pemasangan Iklan:
apakabarsidimpuan@gmail.com
Tim Ekspedisi Bukit Barisan Pergoki Illegal Loging dan Ladang Ganja Posted on Category Sumut. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Belum Ada Komentar untuk “Tim Ekspedisi Bukit Barisan Pergoki Illegal Loging dan Ladang Ganja” Mungkin anda mau menambahkannya...?

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi apakabarsidimpuan. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan) --- Gunakan layanan GRAVATAR untuk menampilkan foto anda.