Apa Kabar Sidimpuan Online

Want to contribute?
Contact us! or Register
www.apakabarsidimpuan.com
Redaksi, Pengiriman Berita,
dan Informasi Pemasangan Iklan:
apakabarsidimpuan@gmail.com

Home » InfoTainment » Selamat Jalan Charles Simbolon

Selamat Jalan Charles Simbolon

JAKARTA-Setelah selama sebulan terakhir dirawat di rumah sakit, artis Batak dari kelompok Trio Ambisi, Charles Simbolon meninggal dunia di RS PGI Cikini Jakarta, Jumat (5/8) pukul 13.00 WIB. Kepergian penyanyi  kelahiran Ajibata, 10 April 1959 ini sangat mengejutkan masyarakat dan komunitas Batak di Jakarta dan Indonesia. Banyak yang tak percaya mendengar kabar duka cita ini. Andus Simbolon, adik Charles, mengatakan, abangnya selama ini memang menderita sakit parah. Malah, ia sempat harus cuci darah. Kondisi kesehatannya terus menurun sampai akhirnya Charles meninggal dunia.

Kepastian meninggalnya Charles juga diperoleh dari status putrinya, Rany Simbolon di jejaring sosial. “Telah meninggal dunia siang ini 13.10 WIB tgl 5 Agustus 2011 papaku tercinta Charles Simbolon. Kami dari keluarga mohon maaf kalau ada kesalahan dr almarhum semasa hidupnya. Selamat jalan papa sayang. GBU” demikian kutipan status Facebook Rany Simbolon.

Menitikan Air Mata
Tiga jam sebelum menghembuskan nafas terakhirnya, Charles sempat menitikan air mata. Itu terjadi saat almarhum yang dalam kondisi kritis hendak dibawa ke ruang ICU RS PGI Cikini, Jalan Cikini Raya Jakarta Pusat. Awalnya almarhum menjalani perawatan di ruang biasa, namun kemarin sekitar pukul 10.30 WIB, kondisinya kesehatannya makin terus menurun dan mengarah kritis. Lalu  oleh petugas rumah sakit dibawa ke ruang ICU. “Nah, saat dibawa itulah menuju ruang ICU itulah almarhum menitikan air mata,” ungkap Andus Simbolon, adik kandung almarhum yang dihubungi via ponselnya, tadi malam.

Almarhum yang merupakan salah satu personel Trio Ambisi meninggal di ruang ICU dan belum sempat mendapatkan penanganan dokter. Saat menghembuskan nafas terakhir almarhum dikelilingi orang-orang terdekatnya, mulai istri, anak, dan kakaknya. “Almarhum meninggal dikelilingi keluarga besar. Ada istri, anaknya Rani dan anak kedua, dan juga ada kakak saya. Jadi semua ada,” ungkapnya.

Diungkapkan Andus, almarhum meninggal akibat penyakit gagal ginjal yang dideritanya sejak tiga tahun lalu. Keluarga telah berusaha mengobati penyakit yang dideritanya, tidak hanya di Indonesia tapi sampai ke Malaysia. “Sejak sebulan terakhir ini, almarhum keluar masuk rumah sakit, tidak hanya cuci darah tapi juga menggantikan cairan dalam tubuhnya,” ungkapnya. Dari rumah sakit, sekitar pukul 16.45, jenazah almarhum dibawa ke rumah duka di Kompleks Taman Wisma Asri C/10 Bekasi untuk disemayamkan. “Rany terus menangis di dekat jenazah ayahnya,” kata Andus.

Charles lahir di kota tepian Danau Toba, Ajibata, Kabupaten Toba Samosir, 10 April 1959. Selain terkenal dengan lagu-lagu pop Tapanuli, lagu Charles yang sangat terkenal adalah Jangan Kau Coba Tiga Kali. Charles anak kelima dari delapan bersaudara, keluarga M Simbolon dan P br Sirait. Charles terkenal dengan suara tenor melengkingnya.

Curi Rokok untuk Belajar Gitar
Charles pernah mendekam di penjara karena hasrat untuk menyanyi. Dikutip dari lagubatak.wordpress.com, Charles melakukan ini didorong keinginannya yang begitu besar belajar musik dan menyanyi, Charles Simbolon tidak bisa berbuat apa apa, kecuali mencuri. Akibatnya ia sempat berurusan dengan polisi dan menginap pula di penjara selama 3 bulan.
Popularitas Charles sungguh tidak diragukan lagi. Kiprahnya itu baik tampil Trio Ambisi sering membawakan lagu-lagu ciptaan Pance F Pondaag. “Saya sering menahan lapar untuk latihan bersama Iran Ambarita dan Tua Doren Situmorang”, katanya mengenai awal berdirinya Trio Amsisi yang melambungkan namanya. Juga ditambahkannya, “Saya berusaha keras mendekati keluarga Rita Butar Butar dan pihak rekaman agar bisa tampil duet dengan Rita Butarbutar.
Charles juga duet bersama putrinya, Rany Simbolon yang mempopulerkan lagu Boru Panggoaran.

Pelecut semangat bernyanyi Charles, konon dipicu karena ia sempat berkecil hati ketika tidak diizinkan bergabung ikul anggota vocal group SMPN Parapat, tempatnya sekolah dalam rangka perpisahan dengan kelas tiga. Alasannya, disamping masih kelas satu, vocalnya tidak ada nilai lebih dan sama sekali belum tahu memainkan gitar. Tekad menjadi penyanyi besar sontak menggelegak. Ia pun tidak punya gitar karena ayahnya yang mengelola sebuah toko grosir menolak membelikannya. Charles akhirnya belajar gitar dari Arifin Silalahi, tetangga yang dikenal pintar bermain gitar. Untuk memenuhi persyaratan sang guru, yaitu harus dibelikan rokok kretek (rokok termahal saat itu) Charles akhirnya mencuri rokok dagangan ayahnya. Lama kelamaan tatkala ia duduk di kelas dua SMP, Charles sudah tidak canggung lagi menyanyi sambil memtik senar gitarnya.

Di usia sedini itu Charles dudah ditawarkan Victor Sinaga -  seorang penyanyi hotel di daerah Parapat – bergabung ke grupnya, menyanyi di hotel dan restoran. Tawaran ini dia tampik sebab Charles dan teman-temannya merasa lebih bebas menjadi penyanyi di lapo/warung tuak. Sering tampil di lapo tuak, mulai akrab dengan minuman keras ditambah kebutuhan mencari uang untuk berfoya-foya, membuat Charles dan teman temannya kerap mencuri. Kalau kesempatan mencuri tidak ada, korbannya adalah celengan kakak perempuannya. Kini penyanyi berbakat itu telah tiada. (int)

metrosiantar.com

Redaksi, Pengiriman Berita,
dan Informasi Pemasangan Iklan:
apakabarsidimpuan@gmail.com


Selamat Jalan Charles Simbolon Posted on Category InfoTainment. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Bergabung Dengan 5,676 komentator di Apakabarsidimpuan

  1. slamat jln penyanyi legenda tanah Batak, kami tidak akan mlupakan mu..
    walaupun sdh tiada ,namamu n suara emas mu akan slalu kami kenang.., khususnya d tanah Batak….
    Sekali lagi SELAMAT JALAN….GBU
    AMIN..

  2. Selamat jalan Abang semoga abang mendapat tempat yang layak disisiNya

  3. Selmat jalan Amang na burju.

  4. Selamat jalan tulang, dan buat keluarga yang ditinggalkannya yang tabah yah, pasti ada hikmah yang bisa kita petik duka ini.

  5. Selamat Jalan Charle Simbolon , mungkin ini adalah jalan terbaik buat Tulang untuk di tempuh, semoga nama Tulang tetap abadi di hati penggemar tulang.

  6. selamat jalan
    semoga diterima disisi Tuhan

  7. Selamat Jalan Lae, … RIP, Trio Ambisi is the best

  8. Sangat Kehilangan dengan kepergian Abang, telah dipanggil TYME duduk sebelah KananNya,
    Semoga Bahagia di tempat Kerajaan Sorga, Saya dan Keluarga turut Berdukacita yang sedalam dalamnya, Seluruh Keluarga yang ditinggalkan s’moga diberikan ketabahan, khususnya Boruku Rany tetap semangat berkarya dan meneruskan perjuangan Ayahnya , Tuhan memberkati kita Amin.

  9. selamat jalan lae

  10. selamat jalan buat Charles Simbolon, karya-karya mu takkan dilupakan masyarakat Indonesia khususnya orang Batak.

    semoga engakau di terima disisi Tuhan…..

  11. selamat jalan Lae,,, Kami slalu mengenangmu.. meskipun engkau telah tiada suara emasmu tetap kami dengar dan tetap ada sepanjang Masa. semoga Tuhan Yesus mengampuni dosa-dosa mu dan semoga engkau berada disorga yang kekal bersama Yesus kristus.
    buat keluarga yang ditinggal tetap tabah. karena smuanya ini Indah waktu yang diberikan Tuhan..
    selamat jalan Penyayi terkenal Batak…. karyamu selalu kami ingat dan kami dengar.. gbu

  12. bagimu dan bagiku hidup adalah bersama Tuhan dan mati adalah keberuntungan, selamat jalan saudara charles simbolon karyamu akan dikenang banyak putra putri bangso batak najogi.

  13. selamat jalan amang simbolon karya karya amang yg telah membawa nama orang batak seluruh dunia , tirio ambisi selamat jalan amang semoga tenang disisinnya bapak kita di sorga …….

  14. SEla\mat JLan .. carlez lagu mu yg selalu menemani ku tidur di malam hari aku masih berharap .kmu mau menciptakkan lagu lagi ….teryata sudah tidak sepat lagi ….selamat jalan charlez

  15. Selamat jalan lae, semoga diterima disisi Tuhan kita Yesus, dan semoga keluarga yang ditinggalkan mendapatkan ketabahan. Amin

  16. slamat jalan bang charles simbolon,,penyanyi tenor papan atas indonesia..meski kau sudah tiada,,lengkingan suaramu sulit tergantikan,,akan selalu berkumandang dari hp-ku..

  17. suara emas mu selalu menjadi inspirasi dan penyemangat, selamat jalan tulang…kami kehilangan..

  18. trimakasih Tuhan untuk charles simbolon jadi bagian dr batak , akankah ada lagi yang bisa seperti dia yg sangat aku banggakan. Slamat jalan dan di sisi Tuhan Yesus engkau damai. amin

  19. Selamat Jalan Tulang Charles Simbolon. Lagu – lagu yang Tulang ciptakan tidak akan kami lupakan< semoga Tulang diterima disis Tuhan kita Yesus Kristus, dan diberikan Tempat yang terbaik di sisiNya. Amin

  20. Selamat jalan……..gbu

  21. Selamat jalan lae….

  22. Selamat Jalan Ke rumah Bapa di Surga, tulang.
    Karena bagiku Hidup adalah Kristus dan mati adalah Keuntungan

  23. ise mana gattimu tulang carles alana holan susramu do nadoreng hubege”’ slmt jln moga dtrima disisiny

  24. selamat jalan buat bang charles simbolon, kami akan slalu mengenangmu

  25. Selamat jalan bang Charles. Sangat disayangkan kenapa tidak ada berita saat kau sakit. Andai ada, saya dan mengkin banyak fans yang lain dapat menjenguk dan memberikan dorongan moril, bahkan materil. Semoga suara emasmu juga tetap terdengar di surga. Lagu-lagumu menemaniku dari dulu, kini dan nanti

  26. “BANG CHARLES DI PANGGIL OLEH TUHAN YESUS KRN TUHAN SANGAT MENGASIHI BANG CHARLES.TUHAN BERKUASA MENGAMBILNYA,KRN KITA ADALAH CIPTAANYA.”.Selamat jalan bang charles,TUHAN telah menyediakan tempat di sorga.

  27. aku merasa sangat kehilangan tulang charles simbolon …………………………..
    selamat jalan buat tulang charles simbolon aku adalah fans berat mu dan aku sangat membanggakan mu
    semoga diterima di sisi TYME
    selamat jalan
    GBU

  28. Selamat jalan Tulang Charles ,, smoga tenang di alam sana.
    mery fans berat nya tulang lho, sedih tulang pergi nya cepatt.
    but, me akan slalu mengenang tulang :’)
    GB

  29. selamat jalan buat bang charles simbolon, kami akan slalu mengenangmu

  30. selamat jalan bang….semoga karya2mu tidak akan di lupakan semua kalangan,semoga keluarga yg di tinggalkan abang selalu tabah dan aku doakan abang di terima di sisi tuhan jesus kristus amiiiien.Gbu

  31. Selamat jalan penyanyi dan komponis Batak terkenal.Semoga karya-karyamu tetap dapat membakar semangat orang Batak.Dan semoga pula tumbuh remaja-remaja Batak penggantimu yang akan menyemarakkan musik Batak serta membakar semangat warga Batak untuk dapat memberikan sumbangsihnya dalam dunia musik khususnya dan bernegara umumnya.

  32. Selamat jalan charles simbolon, dari kecil sampe sekarang lagu2mu selalu menemaniku dan membuat aku slalu merinding, saya adlh penggemar beratmu yg bakal sangat kehilangan, dari hari ini sampai slamanya. moga kita bertemu dalam kerajaan Bapa kelak.

  33. Berharap ada yang bisa menggantikan Tulang alm Charles Simbolon dalam dunia musiknya.
    Nga leleng lao alai sai tong taringot suarami..

35 Komentar untuk “Selamat Jalan Charles Simbolon” Mungkin anda mau menambahkannya...?

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi apakabarsidimpuan. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan) --- Gunakan layanan GRAVATAR untuk menampilkan foto anda.