Apa Kabar Sidimpuan Online

Want to contribute?
Contact us! or Register
www.apakabarsidimpuan.com
Redaksi, Pengiriman Berita,
dan Informasi Pemasangan Iklan:
apakabarsidimpuan@gmail.com

Home » Tabagsel » Kadis Pertambangan dan Energi Sumut; Produksi Emas di Batang Toru Mulai Juli 2012

Kadis Pertambangan dan Energi Sumut; Produksi Emas di Batang Toru Mulai Juli 2012


Medan, (Analisa). PT Agincourt Resources Hongkong akan memulai produksi emas dari hasil pertambangan di Batang Toru Tapanuli Selatan (Tapsel) Sumatera Utara dengan kapasitas produksi 1 juta ton emas per tahun Juli mendatang.

“Bukan cuma memproduksi emas tapi juga termasuk perak dan mineral turunan lainnya”, jelas Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Sumut, Untungta Kaban menjawab wartawan di kantornya, Selasa (4/4)

Dia berharap Juli mendatang ini mulai berproduksi dari hasil pertambangan yang sudah dilakukan sejak tahun 2006 lalu atau berjalan sekitar 6 tahun dan hasilnya akan segera dirilis 2012 ini.

“Pertambangan yang sama juga dilakukan PT Sorik Mas Mining di Kabupaten Mandailing Natal dan Kabupaten Dairi dilakukan PT Dairi Prima Mineral untuk pertambangan timah hitam dan seng” sebut Untungta.

Dia menyatakan Sumut memang masih banyak daerah yang berpotensi timah dan emas. Namun saat ini baru tercatat 3 perusahaan dalam bentuk kontrak kerja.

“Untuk mendapatkan hasil pertambangan ini memakan waktu lama. Perlu penelitian secara akurat, soalnya sektor pertambangan ini memiliki risiko tinggi”, kata Untungta. yang didampingi Kasi perizinan dan Pertambangan Umum, Dinas Pertambangan dan Energi Sumut Darma K Purba.

Selama ini yang melakukan eksplorasi emas di Mandailing Natal PT Sorik Mas Mining dan PT Agincourt Resources Hongkong di Batang Toru Tapanuli Selatan.

Tentang proses izin pertambangan menurut Untungta proses satu perusahaan untuk dapat izin penambangan di suatu daerah agak panjang. Pertama melakukan penyelidikan umum untuk mengetahui ada tidaknya bahan tambang. Kedua, eksplorasi sampai ke eksplorasi detail dan selanjutnya studi kelayakan yang dimulai dari kelayakan ekonomi hingga lingkungan serta konstruksi yakni tahapan pesiapan untuk produksi dan terakhir produksi dan pengolahan.

“Namun perizinan saat ini lebih mudah. Jika lokasinya di satu kabupaten cukup izin ke kabupaten saja. Kalau lokasinya di antar kabupaten baru izin dari gubernur”, jelas Kaban.

Penghasil

Dia juga memperkirakan untuk daerah potensi penghasil emas, timah dan pertambangan lainnya di Sumut masih sangat banyak seperti di Desa Vinarik Kecamatan Dolok Sigompulon, Padanglawas Utara, Mandailing Natal, Dairi, Humbahas dan Pakpak Bharat.(bay)

analisadaily.com

Redaksi, Pengiriman Berita,
dan Informasi Pemasangan Iklan:
apakabarsidimpuan@gmail.com
Kadis Pertambangan dan Energi Sumut; Produksi Emas di Batang Toru Mulai Juli 2012 Posted on Category Tabagsel. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Belum Ada Komentar untuk “Kadis Pertambangan dan Energi Sumut; Produksi Emas di Batang Toru Mulai Juli 2012” Mungkin anda mau menambahkannya...?

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi apakabarsidimpuan. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan) --- Gunakan layanan GRAVATAR untuk menampilkan foto anda.