Apa Kabar Sidimpuan Online

Want to contribute?
Contact us! or Register
www.apakabarsidimpuan.com
Redaksi, Pengiriman Berita,
dan Informasi Pemasangan Iklan:
apakabarsidimpuan@gmail.com

Home » Headline, Tabagsel » Masyarakat Desa Siali-ali Keberatan, Kades Diduga Melakukan Penjualan Lahan

Masyarakat Desa Siali-ali Keberatan, Kades Diduga Melakukan Penjualan Lahan

SIBUHUAN (KOREKSI) – Puluhan warga Desa Siali-ali, Kecamatan Lubuk Barumun, Kabupaten Padang Lawas, Jum’at (25/05/12) membuat pengaduan ke Kecamatan. Mereka mengadukan Kepala Desa (Kades) Mansyur Hasibuan, lantaran diduga melakukan penjualan Lahan Masyarakat.
Surat Keberatan Masyarakat tertanggal 25 Mei 2012, yang ditujukan Kepada Camat Lubuk Barumun, perihal Keberatan Masyarakat Desa Siali-ali Atas Tindak Tanduk Mansyur Hasibuan (Kepdes. Siali-ali) yang ditembuskan ke Bupati Padang Lawas, Kaban PMD Palas, Kakan. Inspektorat Palas atas nama Masyarakat desa siali-ali dengan dilampirkan tanda tangan seluruh yang keberatan berjumlah 60 orang yang terdiri dari Tokoh Adat, Tokoh Agama, Cerdik Pandai, serta Naposo Nauli Bulung dan masyarakat siali-ali
Dalam surat tersebut mereka menyampaikan keberatan tentang tindakan oknum Kepala Desa Siali-ali, Mansur Hasibuan yang menurut wargan telah menjalankan tugas sebagai kepala desa secara diktator dan mementingkan diri sendiri
Adapun keberatan yang disampaikan pada surat tersebut,  antara lain : 1. Bahwa Kepala Desa Siali-ali Mansur Hasibuan, menjabat sebagai Sekretaris Desa (PNS) berarti jelas yang bersangkutan telah merangkap dua jabatan, 2. Mansyur menjalankan tugas secara diktator tampa ada musawarah dengan masyarakat, melainkan sepihak (keluarganya saja) dan selalu mementingkan pribadinya sendiri. 3. Bahwa lokasi bukaan KPN 1 yang berjumlah 600Ha sesuai dengan perjanjian tertulis oleh Alm. MH (sebagai ketua keperasi) beserta masyarakat, berjanji bahwa lagan seluas 350 Ha diperuntukkan untuk pemda, dan seluas 250 Ha diperuntukkan kepada masyarakat desa Siali-ali dengan pembagian 2 Ha/KK sebanyak 125 KK. 4. KPN II sebagai cadangan dari lahan KPN I seluas 1.550 Ha, telah dibuat kesepakatan antara masyaraskat desa Siali-ali bahwa 30%  yaitu seluas 465 Ha merupakan bagian keturunan desa siali-ali dan 70% sisanya untuk masyarakat desa siali – ali seluas 1.085 Ha. Ironisnya lahan tersebut sudah diperjual belikan oleh Mansyur kepada Oknum pengusaha PT. SINAR HALOMOAN yang berkedudukan di Pasir Jae, Sosa.
“kekecewaan kami masyarakat Siali-ali sangat mendalam selama Mansyur Hasibuan menjadi Pemimpin Desa kami, lebih baik kami berkepala Desa ke Kantor Camat saja daripada pemimpin seperti dia” tandas Hp HSB yang ditemui Wartawan di Rumahnya
Namun, ketika diminta tanggapan terkait dengan keberatan warga Siali-ali kepada Mansyur mengatakan “ rekayasa itu semua, mereka yang menjual bukan saya, saya tidak menjual. Yang menjual adalah mereka yang keberatan. Saya juga akan menuntut warga yang keberatan dengan tuduhan pencemaran nama baik” dalih Kades. Begitu juga Camat Lubuk Barumun saat dijumpai dikantornya mengatakan “ saya belum bersedia memberikan keterangan dalam hal ini” ucapnya
Begitu juga pihak PT. SINAR HALOMOAN melalui Humas, M. IDRIS SARDI saat dijumpai di rumahnya mengatakan “ kami hanya membeli KPN II dari ahli waris Alm. Abdul Gani yang dilegalitaskan kepala Desa Siali-ali, Mansyur Hasibuan, setahu saya kalau lokasi KPN I digarap Masyarakat Desa Tangga Bosi, Kec. Lubuk Barumun sebagiannya dan sebagian telah digarap PT. SSL dan RSL” katanya.
Diminta kepada pihak terkait, agar mencari tau dan meluruskan permasalahan ini. Tindak tegas Oknum yang bersalah dalam hal keberatan masyarakat tersebut (ed)
Redaksi, Pengiriman Berita,
dan Informasi Pemasangan Iklan:
apakabarsidimpuan@gmail.com


Masyarakat Desa Siali-ali Keberatan, Kades Diduga Melakukan Penjualan Lahan Posted on Category Headline, Tabagsel. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Bergabung Dengan 5,638 komentator di Apakabarsidimpuan

  1. Temukan titik terangnya,
    Dan Tindak secara TEGAS Oknum yang terbukti Bersalah!

Ada 1 Komentar untuk “Masyarakat Desa Siali-ali Keberatan, Kades Diduga Melakukan Penjualan Lahan” Mungkin anda mau menambahkannya...?

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi apakabarsidimpuan. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan) --- Gunakan layanan GRAVATAR untuk menampilkan foto anda.