Apa Kabar Sidimpuan Online

Want to contribute?
Contact us! or Register
www.apakabarsidimpuan.com
Redaksi, Pengiriman Berita,
dan Informasi Pemasangan Iklan:
apakabarsidimpuan@gmail.com

salam-3-jari

Home » Nasional » Dana Sertifikasi Telat Cair – Mendikbud Gelar Evaluasi Besar-besaran

Dana Sertifikasi Telat Cair – Mendikbud Gelar Evaluasi Besar-besaran

Jakarta, (Analisa) . Keluhan seorang guru di Maluku Tenggara Barat pada Ibu Negara Ani Yudhoyono ditanggapi serius oleh Kemendikbud. Evaluasi besar-besaran soal mekanisme pencairan dana sertifikasi pun digelar. “Memang sekarang kita sedang review. Apa yang menyebabkan sekarang ini kok terlambat-terlambat. Apakah karena prosedur yang belum baik? Atau karena komitmen, atau karena sistem hasil dari review itu,” kata Mendikbud M Nuh.

Hal tersebut dia sampaikan di sela-sela acara penyerahan bantuan buku dan Alquran di Perumahan Telaga Saki nah, Cibitung, Bekasi, Sabtu (11/8).

Menurut Nuh, dana sertifikasi itu bakal diperjuangkan agar cair tepat waktu bagi para guru. Sistem di pusat sudah tak ada masalah, namun ketika sampai di daerah, keterlambatan itu biasanya baru mulai terjadi. “Oleh karena itu di dalam masa pembahasan APBN 2013 nanti sebelum ditetapkan jadi UU kami tentu harus selesai untuk melakukan review apakah nanti tunjangan ini tetap lewat kabupaten kota dengan perbaikan bagian-bagian tertentu atau ini ditarik ke provinsi tentu juga dengan perbaikan-perbaikan,” jelasnya.

Ada tiga hal yang harus dipenuhi agar proses ini berjalan lancar. Pertama, tepat waktu. Bila memang ditargetkan dana cair dalam waktu tiga bulan, artinya harus sampai tiga bulan. Tidak boleh lebih.

Kedua, tepat pada sisi jumlah. Bila memang seorang guru harus menerima dana untuk tiga bulan, maka harus cair tiga bulan. Jangan sampai ada yang menerima dua bulan, sisanya menyusul.

“Ketiga, tepat dari sisi penggunaan. Kita harapkan nanti para guru tepat dalam penggunaannya,” terang Nuh.

Rapat-rapat untuk membahas persoalan ini pun sudah gencar dilakukan. Semua hal dievaluasi, termasuk rajin berkoordinasi dengan Kemendagri, Kemenkeu, dan Kemen PAN dan RB.

“Semua kita rapat untuk menentukan mana mekanisme yang bagus,” tutupnya.

Mendapat Pesan Singkat

Sebelumnya, Ibu Negara Ani Yudhoyono mendapat pesan singkat soal masalah lambannya pencairan dana sertifikasi bagi para guru di Maluku Tenggara Barat. Guru tersebut mengirim pesan singkat langsung ke Ibu Ani. Berikut isi pesannya seperti disampaikan Nuh:

“Selamat pagi bunda Ani, saya guru sma negeri 1 Tamsel MTB maluku tenggara barat. Saya sangat bangga dengan bapak SBY yang sangat memperhatikan kesejahteraan guru tapi sayang didaerah kami, Maluku tenggara barat sampai saat ini kami belum terima dana sertifikasi yang sudah lima bulan berjalan termasuk dana daerah perbatasan atau daerah terpencil.

Maaf bunda ini bukan laporan tetapi keluhan hati kaum perempuan yang ingin melihat keadilan di negeri yang bapak SBY dan Bunda Ani Pimpin. Maaf kalau anakmu lancang memohon pada Bunda Ani. Terima kasih, Tuhan memberkati. Hormat saya”. (dtc)

Sumber: analisadaily.com

Redaksi, Pengiriman Berita,
dan Informasi Pemasangan Iklan:
apakabarsidimpuan[at]gmail.com


Dana Sertifikasi Telat Cair – Mendikbud Gelar Evaluasi Besar-besaran Posted on Category Nasional. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Bergabung Dengan 5,591 komentator di Apakabarsidimpuan

  1. GURU PROESIONAL CEPAT NAIK PANGKAT
    Oleh : Pujiono
    Guru SDN 05 Karang Tinggi (Benteng)

    Hallo…. Teman-teman lascar pelangi terhormat, se- Indonesia, tahun 2013 sudah di depan pintu gerbang, sebentar lagi tiba. Permenpan Reformasi Birokrasi, Nomor 16 tahun 2009, tentang PK GURU diberlakukan. Siapkah teman-teman dilapangan untuk menghadapinya? Jawabnya tentu siap. Ada dua fungsi PK Guru yaitu; 1) untuk menilai kemampuan guru dalam menerapkan kompetensi dan ketrampilan yang diperlukan pada proses pembelajaran, pembimbingan, atau pelaksanaan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah. 2) untuk menghitung angka kredit yang diperoleh guru atas kinerja pembelajaran, pembimbingan, atau tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah yang dilakukan pada tahun tersbut. (Pedoman pelaksanaan Penilaian PK guru, Kemendikbud, 2012 hal. 3).
    Mengingat pada tahun 2013 telah dimulai penilaian, maka sedianya guru, baik guru kelas, guru mata pelajaran maupun guru bimbingan hendaknya telah mempersiapkan diri dokumen mulai awal tahun pembelajaran 2012/2013, sehingga pada bulan Desember 2012 telah memiliki nilai awal untuk satu semester sebagai nilai formatif. Apa saja yang harus dipersiapkan dalam PK guru? Langkah pertama adalah guru harus merencanakan semua kegiatan yang dibutuhkan yaitu, pendidikan dan pelatihan prajabatan sebagai unsur pendidikan, proses pembelajaran bagi guru kelas/mata pelajaran, pembimbingan bagi guru pembimbing, tugas lain bagi yang mendapat tugas tambahan, sebagai unsur pembelajaran bimbingan dan tugas tertentu. Langkah berikutnya adalah melaksanakan pengembangan diri baik secara kelompok maupun secara mandiri, disini kegiatan yang dilakukan berupa kelompok atau mandiri. Dalam kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan terdiri dari; pengembangan diri berupa diklat jabatan fungsional, melaksanakan publikasi ilmiah, melaksanakan karya inovatif. Baru yang terakhir unsur penunjang tugas guru. Dalam kegiatan ini yang dilakukan diantaranya; menjadi pengawas ujian sekolah, mengikuti seminar pendidikan yang relevan dengan tugas guru yang diampunya, pengurus organisasi keprofesian, kegiatan eskul yang sesuai dengan tugasnya.
    Setelah membuat perencanaan dengan matang barulah melaksanakan kegiatan dengan sungguh-sungguh untuk merealisasikan perencanaan tersebut. Guru dalam melaksanakan kegiatan dengan baik hendaknya mendokumentasikan segala yang pernah dilakukan supaya dapat mempermudah penghitungan angka kredit yang diperoleh selama satu tahun. Kegiatan pembelajaran yang sangat pokok harus disiapkan dan dilakukan dengan benar karena jika asesor akan menilai kita sudah dapat mempersiapkan diri. Ada 14 komponen yang harus dinilai baik diluar kelas maupun didalam kelas (ada pada komponen PK guru) dapat dibaca di komponen PK Guru.
    Dalam kegiatan ini menggambarkan pemetaan kegiatan yang akan dilakukan,atau telah dilakukan, sehingga guru dapat memperkirakan perolehan angka kredit yang diperoleh selama satu tahun. Jika perolehan angka kredit yang direncanakan dapat diperoleh dengan maksimal, maka guru dapat menghitung berapa tahun dapat naik pangkat sesuai dengan angka kredit yang diperhitungkan untuk jabatan setingkat diatasnya dan pangkat berikutnya.
    Usul angka kredit jabatan guru dapat dilakukan jika angka kredit yang dipersyaratkan telah memenuhi kriteria dan memeperoleh nilai yang mencukupi untuk kenaikan jabatn guru berikutnya. Bagi guru yang belum memenuhi angka kredit yang dipersyaratkan belum bisa diusulkan. Contoh ; guru Pertama golongan IIIB mau usul kenaikan jabatan ke guru Muda golongan IIIC membutuhkan angka kredit 50 yang terdiri dari; pendidikan dan pelatihan 42 pengembangan diri 3 dan penunjang 5, maka yang bersangkutan bias usul jika nilai cukup
    Kabar teranyar dari penilaian angka kredit guru juga terdapat pada Permendikbud nomor 57 pasal 2 ,ayat 1 yang berbunyi ; “Guru mengikuti UKG sebagai syarat kenaikan pangkat dan/atau jabatan fungsional guru”. Berdasarkan bunyi pasal ini guru harus mengikuti UKG yang dipersyaratkan, dimana pada pasal 1 ayat 3 Penilaian kinerja guru adalah proses pengukuran setiap butir kegiatan utama guru yang dilakukan melaui uji kompetensi dan observasi, dan mudah-mudahan UKG dapat menambah nilai dari PK Guru itu sendiri, dan semoga berapapun nilai yang diperoleh dari UKG dapat ditambahkan dalam PK guru pertahunnya, mengingat UKG juga akan dilakukan secara periodik, mari kita tunggu dan kita sikapi secara positif pelaksanaan UKG mendatang. Seperti yang telah kita lakukan dari kegiatan UKG beberapa waktu lalu bagi guru sertifikasi, walaupun terendah mendapat nilai 1 dan tertinggi mendapat 95 semoga nilai ini juga akan menambah PK guru yang kita lakukan pertahunnya. UKG juga mengisyaratkan bahwa UKG dilakukan untuk pemetaan kompetensi dan sebagai dasar pengembangan keprofesian guru berkelanjutan yang dilakukan secara periodik (pasal 2 ayat 2, Permendikbud Nomor 57 tahun 2012)
    PK Guru yang menjadi tonggak sejarah bagi para laskar pelangi ini tentunya dapat menjadi motivasi dan support untuk melakukan kegiatan didalam kelas yang menjadi tugas pokok dari masing-masing kita sebagai guru. Apakah kita menjadi guru yang professional atau guru yang konsumtif dalam menerima peraturan baru ini. Professional berarti guru senantiasa melakukan kegiatan dengan sungguh-sungguh untuk meningkatkan taraf pembelajaran sebagi tugas pokok seorang pendidik, dan konsumtif jika guru hanya mau menerima tunjangan profesi yang diberikan tanpa mau meningkatkan unsur-unsur pengembangan profrsi.
    Sebagai kesimpulan adalah bahwa guru; 1) dituntut untuk senantiasa melakukan tugas dan kewajibannya secara proporsional. 2) untuk menjamin koprofesiannya guru dituntut untuk mengikuti uji kompetensi secara periodik 3) hasil uji kompetensi dapat dijadikan syarat kenaikan jabatan fungsional guru untuk jenjang berikutnya. 4) kegiatan PK Guru akan dinilai secara periodik sejalan dengan Permendikbud Nomor 57 tahun 2012. 5) jika guru dalam melakukan kegiatan dengan sungguh-sungguh tentunya akan lebih cepat untuk naik jabatan fungsional jenjang berikutnya menjadi lebih cepat naik pangkat, mari kita dukung semua kegiatan ini dengan seksama dan kecermatan, sehingga kita menjadi guru yang profesional, dan selamat berjuang!

    • tunjukkan hasil, bukan proses…
      berikan tunjangan kepaga guru yang berhasil meningkatkan mutu pendidikan…
      jangan berikan kepada guru yang sibuk dengan mengikuti prosedural tapi hasil hancur…
      serahkan kepada guru tentang segala proses pendidikan yang penting hasilnya…
      jangan paksakan guru mengikuti proses yg menekan, yang hasilnya malah penurunan mutu…
      RAWATLAH DGN BAIK MOTOR ANDA AGAR DAPAT MENCAPAI TUJUAN YG DITUJU…
      JGN PAKSAKAN MOTOR ANDA TANPA DIPERHATIIN, KLO NANTINYA TDK DAPAT MENCAPAI TUJUAN…
      Pilih Hasil Atau Proses….

  2. profesioanal…belum tentu bermoral…banyak mata duitan…..guru2 sekarang bukan seperti guru2 jaman dahulu….pahlawan tanpa tanda jasa….

  3. PISAHKAN DINAS PENDIDIKAN DENGAN BIROKRASI PEMKOT ATAU KABUPATEN
    SUMBER PENINDAS GURU KORUPSI DANA SERTIFIKASI

6 Komentar untuk “Dana Sertifikasi Telat Cair – Mendikbud Gelar Evaluasi Besar-besaran” Mungkin anda mau menambahkannya...?

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi apakabarsidimpuan. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan) --- Gunakan layanan GRAVATAR untuk menampilkan foto anda.